Saturday, 4 June 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K-13


(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester          : VIII/1
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Topik                         : Teks Narasi
Jumlah Pertemuan     : 1x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan mengahayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.1 Memahami teks narasi, cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1   Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.1  Mengetahui isi teks narasidengan jujur dan tanggung jawab.
4.1 Menyusun teks narasi dengan jujur dan tanggung jawab.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit.
3.      Siswa dapat menjelaskan isi teks narasidengan tanggung jawab, santun, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
4.      Siswa dapat menyusun teks narasi dengan jujur dan tanggung jawab.
E.     Materi Pembelajaran
·         Teks narasi
·         Struktur teks narasi
F.     Alokasi Waktu
1 x 30 Menit
G.    Metode Pembelajaran
Metode inkuiri, diskusi, Tanya jawab, dan penugasan
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan pendahuluan
a.       Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b.      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Siswa diberi pemahaman tentang teks narasi yang dikaitkan dengan  fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar terinspirasi dari pengalaman orang lain
2.      Kegiatan inti
a.       Siswa mendapatkan fotokopi teks narasi
b.      Dengan sikap jujur, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks
3.      Kegiatanpenutup
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran
b.      Dengan bimbingan guru siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.       Guru menyampaikan informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.      Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 4 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama sedangkan hasil penilaian nomor 2 dan 3 untuk Guru PKn
2.
Jujur
3.
Tanggung jawab
4.
Santun



b.      Penilaian hasil
Instrumen Penilaian:
1.      Apa isi teks tersebut?
2.      Apa saja  dampak umum dalam media sosial?
3.      Apa saja dampak positif dalam media sosial?
4.      Apa saja dampak negatif dalam media sosial?
5.      Bagaimana seharusnya sikap kita dalam menghadapi media sosial?
Pedoman Penskoran:
Soal bagian 1-5:
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks narasi

·         Jawaban sempurna
20
·         Jawaban kurang sempurna
15
·         Jawaban tidak sempurna
5
SKOR MAKSIMAL
100

J.      Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014. Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs. Wahana Pengetahuan.



Banjarmasin, Maret 2015
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Yoga Tri Adhi














Lampiran
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran             :..........................................................
Kelas/Semester            :..........................................................
Tahun Ajaran               :..........................................................
Waktu Pengamatan      :..........................................................
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















..



















No comments:

Post a Comment