Saturday, 4 June 2016

SKENARIO PEMBELAJARAN

Nama  : Yoga Tri Adhi
NIM    : A1B112092


SKENARIO PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VIII/2
Materi Pokok            : Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik “Kisah Di Candi”
Waktu                        : 1 x 45 menit

A.     Kegiatan Awal

1.      Pengkondisian kelas sebelum dimulai pelajaran
Guru melihat seisi ruang kelas apakah sudah kondusif atau belum. Jika kelas belum kondusif, guru menata kelas dan mengkondisikan siswa untuk tenang dan agar siap mengikuti pelajaran yang akan disampaikan

2.      Salam pembuka
Guru   :(Menyampaikan salam pembuka di awal pembelajaran)
Guru   :“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi anak-anak?”
Siswa  :(Menjawab salam dan sapaan guru dengan baik dan sopan)
Siswa  :“Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi Pak Guru.”

3.      Pengecekkan kehadiran siswa di kelas
Guru   :(Melakukan pengecekkan kehadiran siswa satu per satu, dengan memanggil nama siswa sesuai dengan urutan abjad. Tidak lupa guru mendata siswa yang hadir maupun siswa yang absen, pendataan ini bisa berupa pemberian simbol/kode pada kolom presensi nama masing-masing siswa)
Guru   :“Anak-anak, sebelum kita belajar pada pagi hari ini, terlebih dahulu bapak akan mengecek kehadiran kalian. Silahkan nama-nama yang bapak panggil, silakan acungkan tangan ya.”  “Yang pertama, Adi...”
Siswa  :(Adi mengacungkan jari telunjuknya) “Hadir, Pak!”

4.      Penyampaian tujuan pembelajaran
Guru   :(Setelah mengecek kehadiran siswa, kemudian guru memulai pembelajaran. Namun sebelumnya, guru terlebih dahulu menyampaikan tujuan pelajaran yang akan disampaikan. Penyampaian tujuan pelajaran ini, berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan)
Guru   :“Anak-anak, Siapa yang tahu apa itu unsur intrinsik dan ekstrinsik?’’
Siswa  : (Adi menjawab, dengan semangat sambil mengacungkan tangan)
“Unsur-unsur dalam dan luar dalam suatu cerita, Pak!’’
Guru   : “Iya. Benar sekali”
Guru   : (menggali pengetahuan siswa tentang unsur-unsur intrinsik)
Guru   : “Anak-anak apakah di antara kalian ada yang tahu apa saja unsur intrinsik dalam sebuah cerita ”
Siswa  :(Siswa menjawab saling berebut) “Tema, tokoh, penokohan, amanat, alur, latar, dan sudut pandang.”
Guru   : “Wah, tidak bapak sangka. Ternyata kalian semua sudah mengetahuinya. Apakah kalian sudah tahu unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sastra Banjar yang berjudul “Kisah Di Candi?”
Siswa  :(Serentak menjawab) “Belum, Pak!”
Guru   :(Tidak lupa guru telah memperkirakan waktu dalam pembukaan pembelajaran sekitar 15 menit)“Baik itu lah yang akan kita bahas pada hari ini, semuanya sudah siap belajar?”
Siswa  :(Serentak menjawab) “Siap, Pak!”

B.     Kegiatan Inti

5.      Pemberian Materi  Pelajaran
Guru   :(Menyuruh siswa untuk membuka buku pelajaran halaman 50 tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam karya sastra yang nantinya akan diamati oleh siswa secara berkelompok. Kemudian siswa diminta mencari apa saja unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam cerita “Kisah Di Candi” dalam waktu 20 menit)
Guru   :“Anak-anak, setelah kalian membaca cerintanya coba kalian tulis di dalam kertas yang sudah Bapak sediakan untuk diisi apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ada di dalam cerita “Kisah Di Candi”.
Siswa  :(Semua siswa menjalankan perintah yang diucapkan oleh guru) Baik, Pak!”
Guru   :’’Baik Anak-anak, Selanjutnya satu dari anggota kelompok kalian harus mewakili kelompoknya untuk membacakan kesimpulan di depan.”

C.    Kegiatan Akhir

6.      Mengakhiri Kegiatan Pembelajaran
Guru   :(Memberikan penguatan dan refleksi terhadap materi yang baru saja diajarkan kepada siswa. Penguatan materi ini, bisa dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait isi materi yang diajarkan)
Guru   :”Bagaimana setelah mempelajari unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita “Kisah Di Candi”, apa kesimpulan yang kalian dapat? Iya, Budi silakan dijawab”.
Siswa  :(Budi menjawab) Yang saya tangkap dari cerita tersebut ternyata Kalimantan Selatan memiliki sejarah yang cukup panjang Pak, dari yang masih bersifat sangat tradisional hingga menjadi daerah yang semakin berkembang dan banyak sekali nilai-nilai yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, Pak! Poin yang paling saya ingat adalah sejarah Lambung Mangkurat, Pak!”
Guru   :“Iya Budi, benar sekali yang dikatakan Budi, daerha kita memiliki sejarah yang panjang dan untuk itu sebagai generasi muda kita harus melestarikannya bukan malah melupakannya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai nilai-nilai sejarahnya.

7.      Salam penutup
Guru   :”Baik, anak-anak apa ada yang ingin ditanyakan mengenai pelajaran kita hari ini?”
Siswa  :(Serentak menjawab) “Tidak ada, Pak!”
Guru   :“Baik anak-anak cukup sekian pelajaran hari ini, dan jangan lupa belajar di rumah. Terima kasih ya. Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh’’.
Siswa  :(Menjawab dengan serempak) “Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh”.

D.    Media dan Alat Pembelajaran
·        Buku guru
·        Buku siswa
·        Buku tulis
·        Spidol
·        Pulpen
·        Tipe-x
·        Keras double-folio


E.     Penilaian
Terdapat dua soal dalam lembar pertanyaan
·        Jawaban memuaskan (25)
·        Jawaban cukup memuaskan (15)
·        Jawaban tidak memuaskan (10)

Rumus penilaian maksimum              = Skor x 2
                                                            = 50 x 2

                                                            = 100

2 comments:

  1. Assalamualaikum. we. wb.
    Kalau format skenario di atas, mungkin lebih tepatnya "skenario film pembelajaran".
    Adapun skenario pembelajaran yang ada di lapangan skenario yang tanpa dialog kumplit. Terima kasih.
    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh lihat contoh skenario pembelajaran yang bapak maksud?

      Delete