Nama : Yoga Tri Adhi
NIM : A1B112092
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Materi
Pokok : Unsur
Intrinsik dan Ekstrinsik “Kisah Di Candi”
Waktu : 1 x 45
menit
A.
Kegiatan Awal
1.
Pengkondisian kelas sebelum dimulai pelajaran
Guru
melihat seisi ruang kelas apakah sudah kondusif atau belum. Jika kelas belum
kondusif, guru menata kelas dan mengkondisikan siswa untuk tenang dan agar siap
mengikuti pelajaran yang akan disampaikan
2.
Salam pembuka
Guru :(Menyampaikan
salam pembuka di awal pembelajaran)
Guru :“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat
pagi anak-anak?”
Siswa :(Menjawab salam dan sapaan guru dengan baik
dan sopan)
Siswa :“Waalaikumsalam
Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi Pak Guru.”
3.
Pengecekkan kehadiran siswa di kelas
Guru :(Melakukan
pengecekkan kehadiran siswa satu per satu, dengan memanggil nama siswa sesuai
dengan urutan abjad. Tidak lupa guru mendata siswa yang hadir maupun siswa yang
absen, pendataan ini bisa berupa pemberian simbol/kode pada kolom presensi nama
masing-masing siswa)
Guru :“Anak-anak,
sebelum kita belajar pada pagi hari ini, terlebih dahulu bapak akan mengecek
kehadiran kalian. Silahkan nama-nama yang bapak panggil, silakan acungkan
tangan ya.” “Yang pertama, Adi...”
Siswa :(Adi mengacungkan jari telunjuknya) “Hadir,
Pak!”
4.
Penyampaian tujuan pembelajaran
Guru :(Setelah
mengecek kehadiran siswa, kemudian guru memulai pembelajaran. Namun sebelumnya,
guru terlebih dahulu menyampaikan tujuan pelajaran yang akan disampaikan.
Penyampaian tujuan pelajaran ini, berupa apersepsi menarik yang berkaitan
dengan materi pelajaran yang akan disampaikan)
Guru :“Anak-anak, Siapa yang tahu apa itu unsur
intrinsik dan ekstrinsik?’’
“Unsur-unsur
dalam dan luar dalam suatu cerita, Pak!’’
Guru : “Iya. Benar sekali”
Guru : (menggali pengetahuan siswa tentang
unsur-unsur intrinsik)
Guru :
“Anak-anak apakah di antara kalian ada yang tahu apa saja unsur intrinsik dalam
sebuah cerita ”
Siswa :(Siswa
menjawab saling berebut) “Tema, tokoh, penokohan, amanat, alur, latar, dan
sudut pandang.”
Guru :
“Wah, tidak bapak sangka. Ternyata kalian semua sudah mengetahuinya. Apakah
kalian sudah tahu unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sastra Banjar yang
berjudul “Kisah Di Candi?”
Siswa :(Serentak menjawab) “Belum, Pak!”
Guru :(Tidak
lupa guru telah memperkirakan waktu dalam pembukaan pembelajaran sekitar 15
menit)“Baik itu lah yang akan kita bahas pada hari ini, semuanya sudah siap
belajar?”
Siswa :(Serentak menjawab) “Siap, Pak!”
B.
Kegiatan Inti
5.
Pemberian Materi
Pelajaran
Guru :(Menyuruh
siswa untuk membuka buku pelajaran halaman 50 tentang unsur intrinsik dan
ekstrinsik dalam karya sastra yang nantinya akan diamati oleh siswa secara
berkelompok. Kemudian siswa diminta mencari apa saja unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik yang terdapat dalam cerita “Kisah Di Candi” dalam waktu 20 menit)
Guru :“Anak-anak,
setelah kalian membaca cerintanya coba kalian tulis di dalam kertas yang sudah
Bapak sediakan untuk diisi apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ada di
dalam cerita “Kisah Di Candi”.
Siswa :(Semua siswa menjalankan perintah yang
diucapkan oleh guru) Baik, Pak!”
Guru :’’Baik
Anak-anak, Selanjutnya satu dari anggota kelompok kalian harus mewakili
kelompoknya untuk membacakan kesimpulan di depan.”
C.
Kegiatan Akhir
6.
Mengakhiri Kegiatan Pembelajaran
Guru :(Memberikan
penguatan dan refleksi terhadap materi yang baru saja diajarkan kepada siswa.
Penguatan materi ini, bisa dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan
kepada siswa terkait isi materi yang diajarkan)
Guru :”Bagaimana
setelah mempelajari unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita “Kisah Di
Candi”, apa kesimpulan yang kalian dapat? Iya, Budi silakan dijawab”.
Siswa :(Budi
menjawab) Yang saya tangkap dari cerita tersebut ternyata Kalimantan Selatan
memiliki sejarah yang cukup panjang Pak, dari yang masih bersifat sangat
tradisional hingga menjadi daerah yang semakin berkembang dan banyak sekali
nilai-nilai yang dapat kita ambil dari cerita tersebut, Pak! Poin yang paling
saya ingat adalah sejarah Lambung Mangkurat, Pak!”
Guru :“Iya
Budi, benar sekali yang dikatakan Budi, daerha kita memiliki sejarah yang
panjang dan untuk itu sebagai generasi muda kita harus melestarikannya bukan
malah melupakannya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai
nilai-nilai sejarahnya.
7.
Salam penutup
Guru :”Baik, anak-anak apa ada yang ingin
ditanyakan mengenai pelajaran kita hari ini?”
Siswa :(Serentak menjawab) “Tidak ada, Pak!”
Guru :“Baik
anak-anak cukup sekian pelajaran hari ini, dan jangan lupa belajar di rumah.
Terima kasih ya. Wasalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh’’.
Siswa :(Menjawab dengan serempak) “Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh”.
D.
Media
dan Alat Pembelajaran
·
Buku
guru
·
Buku
siswa
·
Buku
tulis
·
Spidol
·
Pulpen
·
Tipe-x
·
Keras
double-folio
E.
Penilaian
Terdapat dua soal dalam
lembar pertanyaan
·
Jawaban
memuaskan (25)
·
Jawaban
cukup memuaskan (15)
·
Jawaban
tidak memuaskan (10)
Rumus penilaian
maksimum = Skor x 2
= 50 x 2
= 100
Assalamualaikum. we. wb.
ReplyDeleteKalau format skenario di atas, mungkin lebih tepatnya "skenario film pembelajaran".
Adapun skenario pembelajaran yang ada di lapangan skenario yang tanpa dialog kumplit. Terima kasih.
Wassalam.
boleh lihat contoh skenario pembelajaran yang bapak maksud?
Delete